Kamis, 01 Juli 2010

Tarif Dasar Listrik Prabayar naik mendahului Pascabayar

Pada awalnya saya mengira kalau yang di naikkan Tarif dasar listrik itu hanya Listrik Pascabayar saja, dan saya tenang-tenang saja lawong sudah beberapa bulan ini, semenjak pindah rumah ke rumah yang baru saya sama PLN diharuskan menggunakan Listrik Prabayar yang katanya lebih irit dalam penggunaannya dan tidak akan ada kesalahan pencatatan seperti yang selalu ini terjadi. Tapi karena penasaran aku iseng-iseng tanya ama Mbah Google dan mendapatkan jawaban yang mengagetkan, ternyata malahan tarif dasar listrik prabayar naik mendahului Pascabayar ... loh kok begitu ? tarif dasar listrik prabayar sudah naik mulai 1 Juni 2010 sedangkan tarif dasar listrik Pascabayar baru naik hari ini tanggal 1 Juli 2010. Wah belaen ... ternyata kita di bohongi.

Berikut kutipan yang saya ambil dari waspada.co.id :

Padahal sesuai suratnya yang ditujukan kepada General Manajer (GM) Wilayah/Distribusi No. 03954/532/DIVIAGA/2001 perihal implementasi listrik prabayar yang ditandatanganinya pada 31 Mei 2010 jelas-jelas menetapkan acuan harga jual listrik prabayar mulai 1 Juni.

Misalnya harga jual listrik pelanggan (R1) daya 900 Watt ditetapkan Rp605/kWh atau naik Rp2 per kWh dibanding sebelumnya yang hanya Rp603/kWh. Kemudian pelanggan dengan daya 1300 Watt Rp668/kWh atau naik Rp1 per kWh dibanding sebelumnya yang hanya Rp667/kWh.

Bahkan General Manajer PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang (Disjaya) Purnomo Willy mengakui adanya kenaikan harga jual listrik untuk pelanggan pengguna meteran prabayar.

“Memang ada kenaikan pada 1 Juni lalu,” pungkasnya.

Dan seperti biasanya suka tidak suka, enak tidak enak, mau tidak mau kita harus menerima keadaan ini tanpa bisa menawar, apa kita sudah lupa bahwa ... sesuai Undang Undang Dasar Tahun 1945 pasal 33, yang berbunyi, “Bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat” 

Apakah Listrik itu bukan merupakan kekayaan Alam ? Sehingga tidak untuk kemakmuran rakyat atau untuk kemakmuran dalam tanda petik ?

Mengapa nasib Tarif Dasar Listrik Prabayar naik mendahului Pascabayar ?

Melas on


3 komentar:

  1. tapi harga sembako sudah mendahului naik kang

    BalasHapus
  2. apa khabar bro, lama gak mampir nih...

    BalasHapus
  3. NICE!!!
    pokok'e listrik prabayar salah satu ajang btw PLN untuk berkorupsi ria...BRAVO PLN!!!

    BalasHapus

Silahkan Anda memberi komentar dengan menggunakan gambar-gambar diatas, dengan cara copy paste saja karakter di sampingnya dan selanjutnya menuliskan komentar. Komentar boleh memuji, mencela atau kedua-duanya asal tidak SARA.

Jika ingin komentar anda tidak dipublikasi, silahkan klik disini

Masih kesulitan juga membuat komentar? silahkan klik disini