Rabu, 18 Maret 2009

SPT TAHUNAN 2008

SPT Tahunan 2008 apa sich itu ? (masih ingat di dalam iklan layanan masyarakat...dengan sebuah kalimat ... apa kata dunia...) Ini adalah istilah baru dalam kehidupan saya (meskipun sering melihat iklan layanan masyarakat yang sering di putar di televisi) , di awal tahun 2009 ini saya sudah mempunyai NPWP pribadi. NPWP pribadi ini yang menguruskan perusahaan tempat saya bekerja, sebagai syarat bahwa setiap karyawan di suatu perusahaan harus mempunyai Nomor Pokok Wajib Pajak atau di singkat NPWP makanya perusahaan tempat saya mengais rejeki mendaftarkan setiap karyawannya secara kolektif...begitu ceritanya. Terus kembali ke judul apa sich SPT Tahunan 2008 itu, SPT Tahunan adalah Surat Pemberitahuan Tahunan mengenai mengenai hartanya dan pajak yang harus dibayarkan kepada Negara. SPT Tahunan ini terdiri dari Tiga lembar yaitu ; Formulir 1770 S, Formulir 1770 S I dan Formulir 1770 S II, ternyata  pengisian formulir-formulir itu lumayan membingungkan...lho...maklum ini adalah hal pertama bagi saya. Binggung mengisinya "SPT Tahunan 2008" karena tidak punya harta benda...cuman satu doang motor butut....hee hhhe ..hee heee.  

Untuk cara pengisiannya "SPT Tahunan 2008" silahkan langsung berkunjung ke web pajak


Dahulu kala NPWP hanya dimiliki oleh para juragan atau bos atau orang-orang kaya yang mempunyai pabrik dimana-mana, harta yang berlimpah ruah dan orang kaya raya, akan tetapi sekarang ini setiap orang yang mempunyai penghasilan diwajibkan untuk memiliki NPWP dan wajib membuat SPT Tahuanan setiap tahunnya. Kalau kita mempunyai NPWP enak juga lhoooo....kalau kita ingin keluar Negeri "Malaysia, Singapura, Thailan dan sebagainya" kita tidak usah membayar Fiskal untuk kita dan keluarga....asal menunjukkan kartu keluarga, apalagi biaya Fiskal sekarang naik dari 1 juta rupiah menjadi 2,5 Juta perorang...wah enakkan ? Siapa tahu punyarejeki bisa jalan-jalan keluar Negeri...heee...hee...heee...heee.....(mimpi disiang bolong kali yee......). Siang tadi di tempat kerja saya dilangsungkan sosialisasi cara mengisi SPT Tahunan 2008 dan ternyata menurut saya yang baru pertama kali mengisi apa itu yang namanya SPT Tahunan sedikit rumit, karena harus memasukkan angka-angka yang berhubungan dengan harta kekayaan kita dan untungnya saya nggak punya apa-apa jadi tidak begitu masalah, coba bayangkan kalau saya seorang yang kaya raya "pasti sudah beli google" mempunyai penghasilan dari mana-mana akan sangat kesulitan untuk mengisinya. SPT Tahunan 2008 ini paling lambat tanggal 31 Maret 2009 sudah harus masuk ke Dirjen Pajak dan kalau terlambat ada dendanya.

Saya berharap dengan dipatuhinya membayar pajak bagi wajib pajak akan membawa Bangsa Indonesia ini menjadi bertambah makmur dan merata, jangan hanya orang-orang kaya saja yang menikmati kemakmuran itu. orang yang tidak mampu berhak atas kehidupan layak. Dan saya juga berharap setelah para wajib pajak membayar kewajibannya, para pejabat juga tidak memakai kewajibannya untuk berkorupsi ria uang pajak, uang dari hasil pajak dipakai untuk membangun Negara ini supaya adil dan makmur.                                                                                                                                                    

"Bayarlah pajak, awasi penggunaanya"                                                                                                         

Orang bijak, bayar pajak ... semoga para blogger yang sudah mempunyai penghasilan berlimpah dari Bisnis on line tidak lupa membayar pajak.

"APA KATA DUNIA"

12 komentar:

  1. hmmm...salut juga buat penulisnya ...salammmm bloger ..smoga tak lupa dengan pajaknya...

    BalasHapus
  2. wew.. iya tuh mas.. kemaren juga di suruh ngisiin SPT gtu sama ortu he..he..

    BalasHapus
  3. wah kagum diriku...
    orang tua bijak pilih mantu orang pajak?

    BalasHapus
  4. Anton Menyapa :
    1. MrPall
    Pajak sudah pasti nggak lupa...hee hee hee
    2. hryh77
    Iya...semua panghasilan kena pajak, tidak terkecuali
    3. Suwung
    Orang tua bijak pilih mantu orang pajak... ? Itu Mah... Mertuanya Mas Sapimoto .... hee hee hee heee wkwkwkwkwkwkw

    BalasHapus
  5. saluuut.... nad salam kenal...

    BalasHapus
  6. orang bijak taat pajak, asal uang setoran pajak tidak dikorupsi saja ...

    BalasHapus
  7. Anton Menyapa :
    4. OOpshey
    Salam kenal kembali
    5. Joe
    Bener Mas...klu di korupsi ya...percuma

    BalasHapus
  8. salam kenal... cara ngisinya gimana ya?

    BalasHapus
  9. wah.. gue pikir Surat Perintah Tugas (SPT).. cos aku selalu bergelut dgn job ini.. hehehe.... ngga taunya soal pajak ya..? good info....

    BalasHapus
  10. wah saya ga punya tuh mas NPWP :D . Masih 19 tahun mas :P gpp ga punya...hahahahah

    yah tiap kali cairkan uang kan udah dipotong pajak sama bank :P . wekekeekekek

    BalasHapus
  11. weh..belum saatnya bagi saya

    BalasHapus
  12. Anton Menyapa :
    6. Brinet
    Langsung aja ke web pajak
    7. Ifoel
    Iya Mas ... surat pemberitahuan mengenai harta benda
    8. Bayu Mukti
    Iya tapi klu punya NPWP kan enak lhoo ... bisa free piskal ... tapi tiap tahun harus bikin SPT Tahunan
    9. Annosmile
    Semua penghasilan adalah obyek pajak ... Negara kita lagi gencar-gencarnya membudidayakan pajak ... semoga sich nggak di korupsi

    BalasHapus

Silahkan Anda memberi komentar dengan menggunakan gambar-gambar diatas, dengan cara copy paste saja karakter di sampingnya dan selanjutnya menuliskan komentar. Komentar boleh memuji, mencela atau kedua-duanya asal tidak SARA.

Jika ingin komentar anda tidak dipublikasi, silahkan klik disini

Masih kesulitan juga membuat komentar? silahkan klik disini