Rabu, 10 Februari 2010

Listrik Pra bayar

Di antara kita semua pasti ada yang heran dengan istilah Listrik Pra bayar, seperti pulsa saja ada pra bayar dan paska bayar. Ya memang begitu adanya PLN sekarang ini menyediakan dua layanan tersebut. Hal ini bertujuan untuk mendidik masyarakat untuk berhemat listrik sesuai kebutuhan, sehingga kita akan berfikir dua kali untuk menyalakan alat-alat listrik tanpa tujuan yang jelas. Bagaimana cara memperolah layanan Listrik Pra bayar ? Baca terus postingan ini !

Listrik pra bayar merupakan layanan baru dari PLN untuk pelanggan dalam mengelola konsumsi listrik melalui meter elektronik pra bayar. Dengan listrik prabayar, pelanggan bisa lebih mudah mengoptimalkan konsumsi listrik, disamping itu pelanggan tidak perlu berurusan dengan pencatatan meter setiap bulan, dan tidak perlu terikat dengan jadwal pembayaran listrik bulanan. Karena persediaan kWh dapat ditambah berapa saja dan kapan saja sesuai kebutuhan dan keinginan pelanggan.

Latar belakang diluncurkannya program ini sebagai wujud komitmen PLN untuk terus meningkatkan pelayanannya kepada pelanggan dengan berbagai bentuk inovasi. Selama ini banyak pelanggan mengeluhkan mengenai pencatatan meter, jumlah tagihan yang tidak menentu setiap bulan, banyak pula keluhan mengenai tagihan listrik di rumah kontrakan/kos. Dengan adanya Listrik Pra Bayar pelanggan dapat dengan mudah mengendalikan pemakaian listriknya sesuai dengan kebutuhan.

Banyak manfaat yang didapat oleh pelanggan dengan adanya program prabayar ini, antara lain :

Pelanggan dapat dengan mudah memantau pemakaian listriknya setiap saat

Pelanggan dapat mendisiplinkan diri sendiri untuk menggunakan listrik sesuai anggaran belanja

Pelanggan tidak lagi berurusan dengan pencatat meter dan jadwal pembayaran setiap bulan

Pelanggan dapat membeli token (isi ulang energy listrik) di payment point, ATM dengan jaringan yang luas dan outlet-outlet PPOB

Tidak ada istilah menunggak

Privasi pelanggan tidak terganggu

Tidak dikenakan Uang Jaminan Langganan

Pelaksanaan penyambungan cepat

Listrik Pra bayar ini dapat dinikmati oleh pelanggan PLN tegangan rendah di seluruh wilayah Jawa Timur mulai awal bulan Desember 2009. Untuk pengajuan pemasangan listrik pra bayar pelanggan dapat datang ke loket pelayanan PLN dengan proses sebagai berikut :

Calon pelanggan melakukan pendaftaran dilengkapi dengan KTP dan sket lokasi

Penerbitan surat persetujuan

Pelanggan menyampaikan Sertifikat Laik Operasi (SLO)

Calon pelanggan membayar biaya penyambungan dan token perdana

Calon pelanggan menandatangani Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL)

Petugas PLN melaksanakan penyambungan

Catatan : Listrik pra bayar ini bukan hanya untuk pelanggan pasang baru, namun pelanggan pasca bayar (existing) pun dapat mengajukan migrasi dari pasca bayar ke prabayar.

Pembelian Token dapat diperoleh di payment point yang telah bekerja sama dengan PLN, yaitu :

BPR KS (Bank Perkreditan Rakyat Karyajatnika Sadaya)

BANK BUKOPIN

PT POS Indonesia

BNI

BRI

TOKEN

TOKEN adalah kode yang di masukkan ke Meter Listrik Pra Bayar sehingga dapat menyalurkan sejumlah listrik (kWh) tertentu ke instalasi konsumen. Token terdiri dari 20 (dua puluh) angka yang bersifat unik, hanya untuk nomor meter Prabayar tertentu.

Nilai token terdiri dari unsur kWh, PPJ dan Materai.

Token memiliki berbagai pilihan nilai tertentu : Rp. 20.000,- Rp 50.000,- Rp. 100.000,- Rp 250.000,- Rp 500.000,- Rp. 1.000.000,- dan pelanggan pada saat membeli token dapat memilih nilai nominal sesuai dengan yang dikehendaki seperti tersebut diatas.

Token tidak memiliki expired date (kadaluawarsa)

PENGGUNAAN LISTRIK PRABAYAR

LANGKAH 1 :

Sebelum menggunakan listrik prabayar, voucher token harus dibeli dari tempat penjualan token terdekat. Nomor serial meter harus sesuai dengan identitas pelanggan, agar token kWh dapat digunakan. Pada saat membeli token pelanggan akan mendapatkan 20 digit yang tertera di struk pembelian. Masukkan 20 digit nomor token di struk ke meter anda.

PENTING :

Token hanya dapat dipakai untuk nomor seri meter tertentu

Token hanya dapat digunakan sekali pakai

LANGKAH 2 :

20 digit nomor token harus diinputkan ke meter melalui keypad di meter prabayar. Nomor token yang diinputkan akan terlihat di display meter. Periksa nomor yang diinputkan sama dengan nomor token. Jika salah input, gunakan tombol spasi balik (?) untuk menghapus nomor yang salah. Bila ingin mengulangi inputan nomor token, tekan tombol tanda pagar (#) ini akan menghapus semua nomor yang diinput dan anda dapat menginputkan 20 digit nomor token kembali.

LANGKAH 3 :

Setelah menginputkan 20 digit nomor token, meter pra bayar akan mencheck dan jika nomor valid layar meter akan menunjukkan nilai kWh yang dibeli. Sekarang anda sudah dapat menggunakan listrik pra bayar.

LANGKAH 4 :

Ketika anda menyalakan lampu atau peralatan listrik lainnya, nilai kWh akan berkurang sesuai dengan penggunaan. Pantaulah selalu nilai kredit kWh di meter Prabayar, agar anda dapat mengatur pemakaian listrik secara hemat.

LANGKAH 5 :

Ketika sisa kWh tinggal sedikit (dibawah 20 kWh) indikator keypad akan muncul dilayar meter, indikasi dapat berupa perubahan lampu LED menjadi merah, atau muncul suara peringatan (buzzer) dari meter Pra bayar. Ini pertanda token baru harus disiapkan. Jika sisa kWh habis, meter akan memadamkan listrik anda. Untuk menghidupkan kembali, anda harus input 20 digit nomor token baru.

Selalu mendukung Kontes SEO Astaga.com lifestyle on the net 












4 komentar:

  1. ada ya listrik prabayar...
    kya pulsa aj...
    bagus tu biar pake listrik hemat...
    :P

    BalasHapus
  2. boleh juga nih PLN.. tapi yg penting jgn ada pemadaman bergilir he..he..

    BalasHapus
  3. saya lebih suka yang pasca bayar mas.... hehehehe

    BalasHapus
  4. Hemat sih boleh hemat,,,,tapi masa waktunya saya tidur listrik malah mati!!!jam 01.30 WIB
    gk ada peringatan alarm,,mati aja langsung!!

    BalasHapus

Silahkan Anda memberi komentar dengan menggunakan gambar-gambar diatas, dengan cara copy paste saja karakter di sampingnya dan selanjutnya menuliskan komentar. Komentar boleh memuji, mencela atau kedua-duanya asal tidak SARA.

Jika ingin komentar anda tidak dipublikasi, silahkan klik disini

Masih kesulitan juga membuat komentar? silahkan klik disini