Selasa, 17 Februari 2009

Alexa Rank

Sebenarnya saya kurang yakin alias tidak pede untuk menulis dengan judul Alexa Rank ini, tapi apa boleh buat thai kambing bulat-bulat serasa coklat untuk Valentinan kemarin...hiii...hiii...hiii...

Menurut beberapa postingan yang pernah aku baca di blognya Mas siapa ya.... saya lupa....salah satu cara meningkatkan Alexa Rank adalah membuat postingan tentang Alexa tersebut. Benar atau salah saya tidak tahu...itu dan kali ini aku ingin membuktikannya, karena Alexa rank blog ini belum memuaskan, memang kalau dilihat dari perkembangannya sich lumayan adalah seperti ini...pertama kali aku pasang witget Alexa Rank di sini, blog ini masih di kisaran rank 21 jutaan, selanjutnya dalam beberapa minggu pada kisaran Alexa Rank 5 jutaan dan terus sekarang dalam kisaran 1,3 jutaan dan ini masih sangat jauh dari memuaskan dan juga berarti blog ini belum mempunyai treffic yang bagus alias masih abal-abal...atau masih kacangan

Karena saya sendiri mempunyai kesibukan kerja yang lumayan menyita waktu, maka saya hanya punya waktu sedikit untuk mengup date blog ini...

Sebelumnya minta maaf...boleh tidak boleh saya akan menconteh beberapa artikel yang pernah saya baca dan akan saya tulis ulang disini dengan versi saya dan sesuai pemahaman yang saya tangkap dari artikel tersebut.

Alexa rank akan memberikan penilaian sebuah blog atau website tersebut populer atau tidak itu bisa diibaratkan sebuah buku, ada cover buku dan daftar isi dan halaman demi halaman adalah postingan kita ini....pengunjung yang budiman adalah melambangkan pembaca setia.

Kemudian ada seorang juru tulis yang bertugas untuk mencatat berapa banayak pengunjung  dan mengidentifikasi dari mana pembacara tersebut  juga berapa banyak halaman yang meraka baca, yang dalam Alexa Rank dilambangkan oleh  alexa toolbar dan alexa widget, maka untuk keperluan catat mencatat pengujung pada blog atau website, kita harus menginstal witget Alexa Rank.

Pada Alexa Rank ada dua komponen pencatatan yaitu alexa reach dan alexa pageview, alexa reach mencatat banyak pengunjung berbeda yang mengambil dan membaca buku itu, sementara alexa pageview mencatat banyak halaman berbeda yang dibaca oleh pembaca tersebut.

Bagaimana kita bisa meningkatkan atau menaikkan alexa rank? Nah, tentunya untuk meningkatkan ranking alexa kita harus meningkatkan dua faktor utama yang mempengaruhi pergerakan nilai rangking alexa, yakni reach dan pageview. Dan juga meningkatkan efisiensi alexa toolbar dan alexa widget. 

Meningkatkan Alexa Reach 
Cara meningkatkan alexa reach adalah melalui peningkatan trafik dan variasi pengunjung unik (unique visitor), usahakan pula pengunjung tidak hanya berasal dari satu negara saja mengingat untuk menghindarkan bias dari faktor demografi negara, bahasa dan faktor sejenis lain (=bias alexa, lihat di posting sebelumnya). 

Meningkatkan Alexa Pageview 
Cara untuk meningkatkan pageviews adalah melalui konten-konten yang menarik dan memancing pengunjung untuk melihat lebih dalam dari keseluruhan konten sebuah website. Membuat pengunjung penasaran adalah salah satu tips untuk meningkatkan alexa pageview, salah satunya dengan memasang readmore atau baca selanjutnya. Membuat blog niche atau blog dengan satu topik tertentu juga bisa mendatangkan banyak pageviews, misalnya blog sepakbola, blog kuliner, blog jalan-jalan, atau jenis blog niche lainnya. 

Meningkatkan Efisiensi Alexa Toolbar dan Alexa Widget 
Tambahkan widget alexa pada website anda agar pengunjung anda bisa dicatat oleh alexa melalui script yang tertanam pada widget alexa tersebut. Ingat bahwa pengunjung akan tercatat oleh alexa bila script tersebut tereksekusi, artinya penempatan widget juga berpengaruh pada perhitungan alexa. Widget yang terletak di bagian yang pertama kali di load jauh lebih baik ketimbang widget yang berada jauh di bagian footer.

Traffic Ranking Top Sites di Indonesia adalah blog atau website yang mempunyai top ranking 1 sampai 100  menurut Alexa Rank dapat di lihat disini.

Semoga sedikit pengetahuan tentang Alexa Rank ini bisa meningkatkan rangking blog kita dan terima kasih kepada Mas Anang.

Tetap semangat untuk berjuang meningkatkan Alexa Rank dan tetap berjuang mendukung Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009

Bagaimana menurut anda ? silahkan memberikan saran kepada saya bagaimana meningkatkan Alexa Rang versi anda.

4 komentar:

  1. blog saya juga habis dikebiri rank alexa nya mas, dari 400rb menjadi 1 jutaaaaaannnnn.... heheh...

    BalasHapus
  2. wew.. iya tuh katanya suruh bikin artikel juga terus pasang widgetnya.. semangat terus mas buat nigkatin alexa rank he..he..

    BalasHapus
  3. Anton Menyapa :
    1. akangjuned
    Aku masih berjuang terus Mas
    2. hryh77
    Semangat pantang mundur

    BalasHapus
  4. ha?

    masa sampe segitunya?
    dari 400rb jadi 1juta?

    BalasHapus

Silahkan Anda memberi komentar dengan menggunakan gambar-gambar diatas, dengan cara copy paste saja karakter di sampingnya dan selanjutnya menuliskan komentar. Komentar boleh memuji, mencela atau kedua-duanya asal tidak SARA.

Jika ingin komentar anda tidak dipublikasi, silahkan klik disini

Masih kesulitan juga membuat komentar? silahkan klik disini